Jumat, 17 Oktober 2008

Hari Ulang Tahun Dewi Kwan Im

Ribuan Umat Bakal Meriahkan Hut Dewi Kwan Im
Ditulis pada 8 Oktober,2008 oleh rdar


Rencananya Jumat (17/10) mendatang Kelenteng Soei Goeat Kiong yang berlokasi di Kel 10 Ulu akan melaksanakan perayaan ulang tahun Dewi Kwan Im. Ada beberapa kegiatan yang akan dilakukan pada peringatan yang bakal dihadiri ribuan umat tersebut, mulai dari persembahyangan hingga hiburan badut, Tanjidor dan karaoke.

Harun salah satu pengurus kelenteng menjelaskan saat ini sedang dilakukan berbagai persiapan mulai dari pembersihan sekitar kelenteng hingga altar-altar dalam kelenteng. ” Rencananya jumat malam sudah mulai dilakukan ritual, ” ujarnya.
Dijelaskan Harun, dalam satu tahun memang ada tiga perayaan ulang tahun dewi kwan im ini, yaitu tanggal 19 bulan 3 untuk mengenang kelahiran, 19 bulan 6 untuk kesucian, dan 19 bulan 9 penanggalan cina untuk kematian. ”Puncak perayaan tanggal 19 bulan 10 atau tahun masehinya 17 Oktober 2008 ini adalah untuk mengenang kematian Dewi Kwan Im, ” terangnya.
Ditambahkan harun, kelenteng Soei Goeat Kiong merupakan kelenteng umum bukan kelenteng marga, jika semua umat bisa hadir dalam perayaan tersebut. Oleh karena itu, diprediksi ribuan umat dari pelosok Sumsel bakal hadir dalam perayaan tersebut.
Ritual sendiri akan dimulai pukul 24.00 WIB, malam sabtu dengan pembacaan doa-doa dilanjutkan hingga keesokan harinya. ”Perlu juga diketahui bahwa pihak panitia biasanya mempersiapkan jukung untuk mengangkut umat yang ingin menyeberang dari kelenteng di Hong Tiong Tio di kawasan 16 ilir ke dermaga 10 ulu dan sebaliknya gratis, ”terangnya.
Kalaupun ada umat yang membawa kendaraan sendiri tidak usah bingung, karena dilokasi juga sudah disediakan tempat parkir yang cukup luas. ” Itu juga gratis, ” tegasnya. Mengenai hiburan sama seperti perayaan sebelumnya yaitu badut, tanjidor dan badut.(ace)